RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 26 Oktober 2013

TUGAS PROYEK



RASIONAL

SMA Negeri 1 Pandaan merupakan salah satu sekolah di kabupaten Pasuruan Jawa Timur yang melaksanakan program Adiwiyata. Kepedulian SMAN 1 Pandaan pada lingkungan tertuang dalam visi nya yaitu menciptakan lulusan yang beriman, bertakwa, berprestasi, berdaya saing dan berwawasan lingkungan, sehingga dari visi tersebut tercantum beberapa program kerja adiwiyata yang diketuai oleh Bpk. Drs.Wanta. Program yang dilaksanakan merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah tanpa terkecuali baik kepala sekolah, guru, peserta didik, staf tata usaha, maupun karyawan lainnya. 

Pihak Sekolah telah membuat beberapa fasilitas pengelolahan lingkungan seperti, kolam ikan, hutan sekolah, toga, takakura, komposting dan beberapa bangungan lainnya dalam rangka ikut menjaga kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, semua warga sekolah juga harus andil dalam pelaksanaan program tersebut. Sebagai peserta didik SMAN 1 Pandaan tentunya juga harus berpartisipasi aktif mengolah, menjaga dan melestarikan lingkungan.

Ilmu kimia merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang hukum, konsep, sifat, struktur,komposisi perubahan, dan  energi yang menyertai perubahan tersebut. Keberadaan ilmu kimia di dalam ilmu lain sangatlah dibutuhkan, baik dibidang pertanian, kedokteran, farmasi dan sebagainya. Keberadaan ilmu kimia dalam kaitannya dengan masalah-masalah lingkungan juga sangat berpengaruh dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

TUGAS
 Sebagai seorang peserta didik haruslah berpartisipasi aktif dalam kegiatan Adiwiyata di sekolah, oleh karena itu buatlah tulisan/deskripsi bebas tentang peran anda ke lingkungan. Analisislah permasalahan yang ada di lingkungan (lebih diutamkan lingkungan SMAN 1 Pandaan), kemudian bagaimanakah peran ilmu kimia dalam mengatasi masalah-masalah tersebut! Deskripsi bisa mengenai pengolahan lingkungan (sampah, pohon sukun, tanaman kayu putih, dan sebagainya), penjagaan dan pelestarian (hutan sekolah, kolam ikan, dan sebagainya).
Rubrik Penilaian:
No.
Penilaian
Skor
4
3
2
1
1.
Menjelaskan latarbelakang masalah lingkungan




2.
Menjelaskan cara penyelesaian




3.
Menyertakan gambar sebagai bukti fisik masalah yang terjadi




4.
Menjelaskan peran ilmu kimia dalam penyelesaian masalah




5.
Menjelaskan kesimpulan dari tulisan




6.
Menyertai saran bagi pembaca




7.
Pengumpulan tepat waktu





 Tugas proyek terdiri dari 2 siswa ( ada satu kelompok jumlah 3siswa jika jumlah siswa dalam kelas ganjil), kirimkan tugas via email ke muh.ardiansyah1983@gmail.com sebelum bulan desember 2013. Tulislah kelas dan nama anggota kelompok pada pojok kanan tulisan. Judul email adalah: TUGAS PROYEK KELAS X_


REVISI PENGUMPULAN TUGAS PROYEK
Mengingat dan mempertimbangkan pelaksanaan UAS semester gasal 2013-2014 maka ada beberapa hal yang perlu di revisi dalam prosedur Tugas Proyek.
1. Kelompok diperbesar menjadi maksimal 4 siswa (1 kelompok terdiri dari maksimal 4 siswa)
2. Pengumpulan tugas proyek maksimal tanggal 24 Nopember 2013 pukul 23:59 WIB

2 komentar: